Cara Mengganti Profile Header Twitter Anda

header image featured

Twitter baru saja mengumumkan update terbaru untuk aplikasi Twitter di Android, iPad, dan iPhone. Bagi para pengguna BlackBerry, maaf, mungkin Twitter juga sudah sadar bahwa platform anda sangat terbatas. Dengan adanya update ini, Twitter juga mengumumkan tampilan baru di halaman website Twitter sendiri.

Apa yang baru di tampilan Twitter ? Mari kita perhatikan.

Twitter (twitter) on Twitter

  1. Adanya penambahan menu “Me”
    Hal membuat website dan aplikasi resmi Twitter di Android, iPhone, dan iPad semakin mirip.
  2. Header Image
    Mirip dengan cover photos yang ada di Facebook dan Google+, rupanya Twitter juga tidak mau kalah.

Lalu bagaimana caranya untuk mengganti header image tersebut ? Untuk saat ini header image baru bisa diganti melalui aplikasi Twitter di Android, iPhone, dan iPad. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengganti header image di aplikasi resmi Twitter for Android saya:

  1. Pastikan aplikasi Twitter anda sudah merupakan versi terbaru, jika belum, update terlebih dahulu di Play Store atau App Store.
  2. Buka aplikasi Twitter, masuk ke menu “Me”,  di sini anda bisa lihat bahwa header image anda dalam kondisi default.
    twitter1
  3. Pilih tombol edit profile (di kiri bawah), lalu pilih Edit Profile.
    twitter2
  4. Di bagian paling atas ada Header, masuk ke bagian tersebut.
    twitter3
  5. Pilih foto yang akan dijadikan header atau ambil gambar dari kamera handphone anda. Foto yang anda bisa jadikan sebagai header image akan lebih baik jika berukuran 1252 x 626 px dan ukuran tidak melebihi 5MB, agar gambar tidak pecah.
    twitter4
  6.  Ketika anda sudah memilih header image, maka anda akan masuk ke bagian pengaturan posisi, setelah anda merasa cocok dengan posisinya, klik Save, maka anda akan dibawa kembali ke halaman edit profile.
    twitter5
  7. Setelah selesai, cukup klik save pada edit profile, maka header image akan segera di upload, dan setelah selesai, anda bisa melihatnya di website Twitter juga.

Anda mungkin bisa mengisi header image di Twitter dengan kreatif, sama seperti yang orang-orang kreasikan di Facebook, lihatlah beberapa profile yang cukup kreatif memanfaatkan header image Twitter.

@RyanSeacrest

@SavannahGuthrie

@alroker

Update:

Saat ini anda sudah bisa mengganti header image anda melalui website Twitter. Cukup masuk ke menu setting (di samping Search), kemudian masuk ke Design, lalu anda bisa langsung meng-upload header image anda.

Jika anda ingin men-design sendiri, anda bisa mendownload templatenya yang dibuat oleh Jeremiah Warren, disini.

Referensi: twitter.com, twitter for android, twitter.com/jeremiahjw.

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.