Perlukah Membeli Buku Pelajaran ?

books featured

Ketika anda memasuki dunia kuliah, anda akan menemui suatu titik tertentu dimana anda diwajibkan untuk memiliki buku yang dianjurkan dari universitas atau dosen. Beruntung bagi kita yang hidup di Indonesia, karena bajakan dan pembajakan bukanlah hal yang tabu. Tetapi, akankah kita hidup seperti ini terus menerus ?

Mari kita abaikan sejenak barang bajakan tersebut, karena kita tentu tidak mau nantinya hasil karya kita dibajak oleh orang lain. Asumsikan saja di universitas tempat anda belajar, mewajibkan anda memiliki buku-buku tertentu dan harus asli. Ada beberapa alternatif cara untuk mendapatkan buku asli tersebut, antara lain: membeli baru (fisik atau online), membeli bekas, meminjam (dari teman atau perpustakaan),  atau menyewa buku.

Kemajuan teknologi saat ini harusnya bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk mendapatkan buku-buku tersebut. Mahasiswa yang sudah memiliki berbagai gadget mulai dari smartphone, tablet PC, computer, notebook, dan sebagainya bisa memanfaatkan e-book atau membeli online sebagai solusinya. Membeli maksud saya bukan mencari download gratis.

Sebuah infografis yang dibuat oleh Online Education bisa menjelaskan semuanya, simak infografis berikut ini.

textbook-shakedown

Referensi: onlineeducation.net, education-portal.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.