iPhone 5. Ekspektasi, Rumor, Kenyataan

Apple dikenal sebagai salah satu perusahaan yang paling berinovasi di dunia ini. Inovasi-inovasinya memunculkan produk-produk baru yang menjadi standar pasar. Apple mempunyai customer yang terkenal sangat loyal, dan beberapa bisa dibilang ‘terlalu loyal’ atau biasa disebut dengan Apple fan boy / girl. Perusahaan-perusahaan dengan produk serupa berusaha untuk mengikuti produk-produk Apple dan puncaknya Samsung bertarung dengan Apple di pengadilan Amerika Serikat dan Apple menang. Namun apakah hal ini akan terus berlanjut ? Apakah Apple masih akan terus memimpin pasar teknologi, khususnya smartphone ?

Samsung, salah satu kompetitor Apple paling besar sudah berusaha mengatakan kepada publik bahwa smartphone baru Apple, iPhone 5, tidak ada apa-apa dibandingkan dengan Samsung Galaxy SIII.Begitu juga dengan para customer, mengharapkan inovasi besar di iPhone 5, namun hasilnya Apple adalah PHP (pemberi harapan palsu) bagi sebagian customer. Apa saja yang dikecewakan oleh customer:

  1. Kekecewaan di New iPad
    Banyak para pengamat teknologi mengatakan bahwa New iPad tidak berbeda jauh dibanding iPad 2 selain layarnya saja. Jadi kesimpulannya, menurut saya orang yang sudah memiliki iPad 2 tidak perlu meng-upgrade ke New iPad karena tidak ada perbedaan signifikan, khususnya bagi para customer yang tidak begitu mengamati atau mengikuti update dunia teknologi. Mungkin jika dijejerkan New iPad dan iPad 2 yang warnanya sama, dijejerkan dihadapan seorang customer, mereka akan sulit untuk membedakan secara cepat dan mudah.
  2. Peluncuran iPhone 5
    Seperti yang kita ketahui Apple Events biasanya bisa disaksikan di seluruh dunia melalui internet streaming, tetapi tidak untuk iPhone 5. Hasilnya berbagai media menyediakan live tweet dan live blog bagi orang-orang yang penasaran dengan launching iPhone 5. Tetapi saat ini kita sudah bisa menonton video presentasi iPhone 5 di website apple.
  3. iphone-5-eventFitur dan spesifikasi
    Mungkin kekecewaan customer dan para pengamat teknologi lebih mudah dipahami melalui gambar berikut ini.
    new-iphone-5

Bagaimana dengan anda, berminat untuk membeli iPhone 5 ?

Jimmy Kimmel mempunyai ide untuk ‘membohongi’ orang-orang yang ia temui di jalanan beberapa saat setelah iPhone 5 diluncurkan. Ia mengatakan kepada orang-orang yang lewat bahwa ini adalah iPhone 5 yang baru diluncurkan, padahal produk tersebut statusnya unavailable pada saat itu dan yang ia tunjukkan adalah iPhone 4S.

Bagaimana reaksi orang-orang yang mencobanya ? Better, thinner, faster, lighter ?

Referensi: apple.com, memecenter.com, weknowmemes.com, youtube.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.