Amazon Maps Akan Segera Hadir

amazon featured

Google mempelopori peta digital melalui Google Maps, kemudian diikuti dengan Apple yang belum lama ini membuat maps sendiri atau kita sebut saja sebagai Apple Maps. Alasan kedua perusahaan ini membuat peta digital mungkin karena kedua perusahaan ini memiliki gadget mobile yang mereka jual (smartphone dan tablet). Lalu bagaimana dengan yang lain ? Nokia sudah memiliki Nokia Maps, namun Amazon tentu tidak mau kalah.

Sebentar lagi kita mungkin akan segera mendengar Amazon Maps. Amazon memiliki tablet sendiri yang bernama Kindle Fire. Dimana sebelumnya Amazon, sama seperti Apple, menggunakan Google Maps sebagai third-party application sebagai penunjang peta digital didalam sistem operasi mereka. Namun nampaknya Amazon akan segera melepas hal tersebut dan membuatnya peta digital mereka sendiri. Hal ini disinyalir pengumuman di website amazon mengenai Amazon Maps API yang ditujukan bagi para developers.

Amazon Maps disebutkan menawarkan 2 fitur utama, antara lain:

  1. Interactive Maps
    Peta bisa ditanamkan ke aplikasi yang dibuat dan digunakan oleh aplikasi tersebut, seperti di pan, zoom, dan menjelejahi seluruh dunia. Amazon Maps mendukung tampilan biasa dan tampilan satelit. 
  2. Custom Overlays
    Peta bisa menampilkan lokasi usaha, menunjuk suatu tempat penting lainnya dan hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi.

Sebagaimana kita ketahui, Kindle Fire buatan Amazon menggunakan sistem operasi berdasarkan Android yang di-customize. Menarik kita simak kelanjutan perkembangan peta digital ini.

Referensi: Amazon.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.