Kebangkitan Bing dalam Persaingan Search Engine

google vs bing featured

Saat ini ketika anda mendengar kata ‘Search Engine’ atau ‘Mesin Pencari’ pasti Google akan langsung ada berada dalam pikiran anda. Ya, Google memang masih pemain paling dominan dalam dunia mesin pencari. Bahkan Google sudah menjadi sebuah kata kerja dalam kehidupan sehari-hari yang sering kita gunakan, misalnya ketika anda bertanya kepada seorang teman mengenai suatu hal, sering kali teman anda dengan cepat menjawab “Google aja”.
Tetapi bagaimana dengan mesin pencari lainnya yang berusaha menyaingi perusahaan mesin pencari paling populer di jagat raya ini ?

Bing buatan Microsoft salah satu perusahaan yang paling berani untuk melawan Google. Bing digunakan oleh Peter Parker (Spiderman) dalam film ‘The Amazing Spiderman’ sebagai salah satu cara yang digunakan Microsoft untuk mempromosikan mesin pencari buatannya itu, tetapi hal tersebut menjadi perbincangan dan perdebatan yang cukup serius di dunia maya.

Yang paling menjadi pertanyaan adalah keakuratan mesin pencari tersebut, karena berbagai rumor mengatakan Bing mengambil hasil pencarian dari Google. Namun hal itu hanyalah berupa rumor yang masih belum bisa dipastikan kebenarannya.

Berbagai upaya terus dilakukan oleh Microsoft untuk mempromosikan mesin pencarinya ini. Salah satunya dengan menantang para pengguna Google secara langsung pada website Microsoft dengan menggunakan banner ini:

google vs bing

tampilan website Microsoft (15 September 2012)

Anda ditantang untuk melakukan pencarian dengan menggunakan mesin pencari Bing, kemudian saya mencobanya dengan mengetikkan nama saya sendiri ke dalam kotak pencarian dan melakukan hal yang saya pada mesin pencari Google.

Bagaimana hasilnya ? Menurut saya Bing melakukan perbaikan yang cukup baik dari segi tampilan website dan hasil pencarian itu sendiri, untuk halaman awal beberapa bagian awal hasil pencariannya cukup akurat sama seperti Google, namun ketika saya coba next ke halaman berikut-berikutnya hasilnya mulai melenceng dan tidak berhubungan, berbeda dengan hasil yang saya temukan dalam hasil pencarian di Google. Anda bisa mencobanya sendiri di website bing.

Saat ini Bing sendiri menduduki posisi kedua sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dengan market share sebesar 4,2%

Data bulan September 2012, sumber: karmasnack.com

Saya rasa perjalanan panjang masih harus ditempuh Microsoft untuk terus memperbaiki kualitas dari mesin pencarinya dan membuat mesin pencari tersebut semakin banyak digunakan orang.

referensi: bing.com, microsoft.com, karmasnack.com

fold-left fold-right
About the author
Ricky Haryadi - Ia adalah co-founder Techrity dan co-initiator StartupBinus. Sebagai mahasiswa Information System ia sangat menyukai IT, musik, dan sepakbola. Kenali Ricky lebih lanjut melalui Twitter, blog pribadi, atau email.